10 ALASAN MENGHAFAL TAK HAFAL-HAFAL TETAP MENYENANGKAN

baca qur'an

1. Satu huruf Al-Qur’an satu kebaikan, dan satu kebaikan 10 pahala. Bagi yang kesulitan melafalkan, satu hurufnya dua kebaikan. Berarti setiap hurufnya 20 pahala. Semakin sulit semakin banyak. Kalikan dengan jumlah pengulangan kita..

2. Interaksi dg Al-Qur’an, seluruhnya adalah kebaikan. Menghafal tak hafal-hafal berarti kita berlama-lama dalam kebaikan. Semakin lama semakin baik. Bukankah kita menghafal untuk mencari kebaikan.

3. Ketika kita menghafal Al-Qur’an, berarti kita sudah punya niat yang kuat untuk sll dekat dgNya.. Rasulullah saw menyebut 70 syuhada dalam tragedi sumur Ma’unah sebagai qari (hafizh), padahal hafalan mereka belum semua. Ini karena seandainya mereka masih hidup, mereka akan terus menghafal. Jadi, meski kita menghafal tak hafal-hafal, kita adalah hafizh selama kita tak berhenti menghafal hgg ajal menghampiri.. Bukankah hafizh yang sebenarnya adalah di akhirat?

4. Menghafal Al-Qur’an ibarat masuk ke sebuah taman yang indah. Mestinya kita betah, bukan ingin buru-buru keluar. Menghafal tak hafal-hafal adalah cara Allah memuaskan kita menikmati taman itu. Terseyumlah.

5. Ketika kita menghafal Al-Quran, meski tak hafal-hafal, maka dapat dipastikan, paling tidak, selama menghafal, mata kita, telinga kita, dan lisan kita sedang dlm pembersihan. Semakin lama durasinya, semakin bersih tentunya.

6. Memegang mushaf adalah kemuliaan, dan melihatnya adalah kesejukan. Kita sudah mendapatkan hal itu saat menghafal kendati tak hafal-hafal.

7. Adakalanya kita banyak dosa. Baik yang terasa maupun yang tak terasa. Dan menghafal tak hafal-hafal adalah kifaratnya, di mana barangkali, tidak ada kifarat lain kecuali itu.

8. Tak hafal-hafal adakalanya karena Allah sangat cinta kepada kita. Allah memberikan ayat-ayat-Nya sampai kita benar-benar layak dicintai-Nya. Jika kita tidak senang dengan keadaan seperti ini, maka kepada siapa sebenarnya pautan cinta kita.

9. Menghafal tak hafal-hafal tentu melelahkan. Inilah lelah yang memuaskan, karena setiap lelahnya dicatat sebagai amal sholeh. Semakin lelah semakin sholeh.

10. Menghafal tak hafal-hafal, tandanya Allah selalu ingin melihat kita dekat dg surat cintaNya… jadi.. tumbuhkanlah semangat menghafal, jgn pernah berhenti walau tak hafal2.. Hgg saat kita terbangun di Yaumil mahsyar, kita tersenyum, karena mimpi kita didunia ada dlm kondisi sll menghafal..

@skincarebagus.com

Leave a comment