7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Wanita

klinikestetikajakarta.com  Olahraga adalah aktivitas yang dilakukan secara terencana, teratur dan berulang-ulang dalam intensitas tertentu dan berkesinambungan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran.

Olahraga meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan
Olahraga meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan

Telah terbukti melalui banyak penelitian bahwa olahraga memberikan manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran, sehingga menjadi salah satu bagian penting dalam pengendalian penyakit kronik degeneratif. Khusus untuk wanita, ternyata olahraga memberikan efek yang nyata pada perbaikan kualitas jasmani dan rohani seorang wanita. Manfaat itu antara lain:

1. Meningkat kebugaran jantung paru, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan, keseimbangan, koordinasi, kecepatan dan tenaga. Akibatnya, risiko kematian akibat penyakit penyakit jantung dan stroke akan menurun, demikian juga  risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dan demensia (kemunduran fungsi otak). Maka wanita yang rajin berolahraga, akan mendapatkan umur panjang dengan kualitas hidup yang memuaskan.

2. Olahraga menjadi satu-satunya cara mencapai tubuh ideal, proporsional, atletis dan sehat

Olahraga yang benar dan proporsional dapat menurunkan obesitas, terutama membakar massa lemak di dalam perut. Olahraga juga menurunkan kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL tinggi, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.

  1. Meningkatkan massa tulang, mencegah osteoporosis.

Osteoporosis pada wanita resikonya lebih tinggi ketimbang untuk pria, apalagi pada wanita  yang telah mengalami menopause, laju kerusakan tulang terjadi lebih cepat. Dengan olahraga yang teratur maka metabolisme pembentukan tulang akan menjadi lebih berkualitas, massa tulang menjadi relatif lebih padat. Massa tulang yang baik akan menurunkan resiko patah tulang serta peradangan sendi.

Olahraga juga  dapat meningkatkan massa otot, yang biasanya menurun akibat proses penuaan, Maka kombinasi massa tulang dan massa otot yang baik akan melahirkan kelenturan, keseimbangan dan tenaga yang prima.

  1. Meningkatkan fungsi seksual dan menjaga keseimbangan hormonal

Selain perbaikan libido, olahraga juga meningkatkan kepuasan seksual karena otot-otot dasar panggul yang terjaga kekuatannya. dengan melakukan olahraga sebelum menstruasi anda datang setiap bulannya, gejala-gejala PMS seperti pegal-pegal, kehilangan semangat, mudah letih dan lesu, nyeri di bagian bawah perut akan berkurang dengan signifikan. Olahraga juga menjaga siklus menstruasi  lebih teratur. Efek lain, olahraga meningkatkan hormon endorfin yang memperbaiki mood, menghadirkan rasa bahagia, dan menurunkan stress psikis.

  1. Mengimbangi Perubahan Fisik Saat Kehamilan

Adanya pengaruh hormon relaksin pada saat kehamilan, relaksasi persendian pada trisemester ketiga mengakibatkan nyeri pinggung bahkan hingga mengakibatkan keseimbangan, anda dapat melakukan latihan-latihan dalam memperkuat otot pinggang dan perut dengan olahraga yang tepat, seperti renang. Pada masa kehamilan anda dapat melakukan olahraga ringan dan membantu anda menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik seperti misalnya dengan senam hamil atau yoga sebagai cara yang sesuai dan tidak membahayakan anda dan janin.

6.  Olahraga untuk Kecantikan Wanita

Kecantikan dan keindahan kuliit menjadi harapan setiap wanita. Untuk anda yang berolahraga secara rutin akan membantu anda dalam mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Selain itu dengan menjalankan olahraga yang seimbang akan membantu anda untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Sirkulasi darah menhadi lebih lanjar dan juga merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi kencang, produksi kolagen dapat dipicu dengan cara olahraga rutin. Mencegah timbulnya jerawat pada wajah karena dapat mengontrol hormon DHEA dan DHT, penyebab jerawat. Bagi anda yang memiliki selulit, dengan olahraga dapat dikurangi karena dengan adanya prooses pembentukan dan perengangan pada otot anda sehingga dengan sendirinya selulit akan hilang.

7. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker (payudara, kolon, prostat, dinding rahim) serta meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan fisik pada pengidap kanker.
Sumber:

Petunjuk Praktis Pemenuhan Kebutuhan Cairan dalam Latihan Fisik terbitan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) 2014

Dan sumber-sumber lain

Advertisements

CARA MEMBUAT KOMPOS MUDAH DAN CEPAT

by. Ratih Mutualita

Tahap awal kumpulkan sampah dapur di keranjang bekas kemasan buah-buahan. Letakkan keranjang tersebut di pojok halaman yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung.

Sampah dapur dikumpulkan dalam keranjang
Sampah dapur dikumpulkan dalam keranjang

Bila sudah 3/4 penuh aduk rata dengan tanah kurang lebih 3-4 sekop sambil disiram MOL kira2 setengah literan.

Sepekan kemudian beri lagi tanah 3-4 sekop sambil siram dengan mol 0,5 L. Aduk rata…

Begitu terus sampai 1bulan – 1,5 bulan.

kompos setengah jadi
kompos setengah jadi
Kompos jadi
Kompos jadi

Ciri kompos sudah matang bila bagian dalamnya kita sentuh dengan tangan sudah tidak hangat lagi.

Kalau masih hangat proses composting masih berlanjut.

Untuk menambah massa boleh tambah kulit gabah (mengandung carbon/sampah coklat) jangan lupa keranjang buahnya ditutup selama proses composting.

Proses komposting
Proses komposting

10 ALASAN MENGHAFAL TAK HAFAL-HAFAL TETAP MENYENANGKAN

baca qur'an

1. Satu huruf Al-Qur’an satu kebaikan, dan satu kebaikan 10 pahala. Bagi yang kesulitan melafalkan, satu hurufnya dua kebaikan. Berarti setiap hurufnya 20 pahala. Semakin sulit semakin banyak. Kalikan dengan jumlah pengulangan kita..

2. Interaksi dg Al-Qur’an, seluruhnya adalah kebaikan. Menghafal tak hafal-hafal berarti kita berlama-lama dalam kebaikan. Semakin lama semakin baik. Bukankah kita menghafal untuk mencari kebaikan.

3. Ketika kita menghafal Al-Qur’an, berarti kita sudah punya niat yang kuat untuk sll dekat dgNya.. Rasulullah saw menyebut 70 syuhada dalam tragedi sumur Ma’unah sebagai qari (hafizh), padahal hafalan mereka belum semua. Ini karena seandainya mereka masih hidup, mereka akan terus menghafal. Jadi, meski kita menghafal tak hafal-hafal, kita adalah hafizh selama kita tak berhenti menghafal hgg ajal menghampiri.. Bukankah hafizh yang sebenarnya adalah di akhirat?

4. Menghafal Al-Qur’an ibarat masuk ke sebuah taman yang indah. Mestinya kita betah, bukan ingin buru-buru keluar. Menghafal tak hafal-hafal adalah cara Allah memuaskan kita menikmati taman itu. Terseyumlah.

5. Ketika kita menghafal Al-Quran, meski tak hafal-hafal, maka dapat dipastikan, paling tidak, selama menghafal, mata kita, telinga kita, dan lisan kita sedang dlm pembersihan. Semakin lama durasinya, semakin bersih tentunya.

6. Memegang mushaf adalah kemuliaan, dan melihatnya adalah kesejukan. Kita sudah mendapatkan hal itu saat menghafal kendati tak hafal-hafal.

7. Adakalanya kita banyak dosa. Baik yang terasa maupun yang tak terasa. Dan menghafal tak hafal-hafal adalah kifaratnya, di mana barangkali, tidak ada kifarat lain kecuali itu.

8. Tak hafal-hafal adakalanya karena Allah sangat cinta kepada kita. Allah memberikan ayat-ayat-Nya sampai kita benar-benar layak dicintai-Nya. Jika kita tidak senang dengan keadaan seperti ini, maka kepada siapa sebenarnya pautan cinta kita.

9. Menghafal tak hafal-hafal tentu melelahkan. Inilah lelah yang memuaskan, karena setiap lelahnya dicatat sebagai amal sholeh. Semakin lelah semakin sholeh.

10. Menghafal tak hafal-hafal, tandanya Allah selalu ingin melihat kita dekat dg surat cintaNya… jadi.. tumbuhkanlah semangat menghafal, jgn pernah berhenti walau tak hafal2.. Hgg saat kita terbangun di Yaumil mahsyar, kita tersenyum, karena mimpi kita didunia ada dlm kondisi sll menghafal..

@skincarebagus.com

7 Langkah Membersihkan Wajah Yang Benar

Mencuci wajah merupakan salah satu cara untuk membuat kulit tetap bersih dan cerah. Namun mencuci wajah justru dapat menimbulkan masalah-masalah kulit seperti kulit kering, berminyak dan iritasi, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun terlihat sepele, mencuci wajah juga harus menggunakan teknik yang benar agar selain bersih, kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

cuci wajah dengan air

Lalu cara seperti apa cara mencuci wajah yang benar? Simak di bawah ini yuk,

  1. Saat memilih pembersih wajah atau cleanser yang tepat, baca dengan teliti kemasannya untuk mendapatkan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Apakah jenis kulitmu kering, berminyak atau kombinasi? Kalau kombinasi, seluruh kulit wajahmu cenderung kering dan hanya daerah T (dahi dan hidung) saja yang berminyak. Teliti membaca kemasan berguna agar kulitmu terhindar dari alergi atau timbul jerawat bila memakai facial wash yang tidak tepat. Facial wash yang baik adalah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat, serta pastinya cocok dengan jenis kulit kamu
  2. Sebelum membersihkan wajah, “bersihkan” area wajah dari rambut dengan menguncirnya ke belakang atau memakai bandana.
  3. Mencuci tangan. Menuangkan facial wash ke tangan yang masih dalam keadaan kotor dan kemudian mengusapnya ke wajah, tidak akan membuat wajah kamu benar-benar bersih. Sabun cuci muka tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian dapat dengan mudah berpindah ke wajah kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih tangan kamu sebelum menggunakannya untuk mencuci wajah ya
  4. Basahi wajahmu dengan air agar kulit wajah lembap dan pori-pori kulit terbuka. Jangan menggunakan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas untuk mencuci wajah. Air panas akan menyebabkan kulit kering, sedangkan air dingin dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Suhu air yang paling baik untuk mencuci wajah adalah air dengan suhu ruangan
  5. Basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit facial wash, gosok hingga mengeluarkan busa. Secara perlahan bersihkan wajahmu sampai ke bagian leher dengan busa tadi. Lakukan dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada wajah, sekaligus untuk memperlancar peredaran darah. Bilas kembali dengan air sampai bersih. Bekas sabun yang tertinggal saat tidak dibilas dengan bersih menjadi salah satu penyebab kulit kering dan iritasi pada wajah. Disamping itu, sisa sabun juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, selalulah bilas wajah dengan bersih saat mencucinya, walaupun kamu sedang terburu-buru.
  6. Setelah bersih, basuh wajah dan leher dengan handuk halus dengan cara menepuknya perlahan. Salah satu kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah mengeringkan dan menggosok wajah dengan handuk setelah mencuci wajah. Hal tersebut hanya membuat kulit mengalami iritasi, lecet, serta cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya karena tertarik oleh handuk
  7. Terakhir, langsung oleskan moisturizer atau krim perawatan sehari-harimu. Aplikasikanlah pelembab pada wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringkan, jangan menunggu kulit hingga benar-benar kering. Menggunakan pelembab secara langsung akan membantu pelembab menyerap secara maksimal sehingga kelembaban kulit pun akan tetap terjaga. Aplikasi krim perawatan segera setelah mencuci wajah juga membantu penyerapan krim menjadi lebih baih.